Jumat, 02 September 2016

Kemerdekaan di Era Modern




                Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, Demikian bunyi Pembukaan UUD’45. Namun apakah arti dari kemerdekaan yang sesungguhnya? Menurut Wikipedia, kemerdekaan adalah suatu keadaan dimana suatu Negara mendapat hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Atau dapat juga disebut kebebasan (KBBI). Dengan demikian, Indonesia sebagai Negara yang merdeka berarti bahwa kita tidak lagi dijajah oleh bangsa lain, kita dapat berdiri sendiri, dan memiliki kuasa penuh atas segala wilayah daerah. Bagi individu, kebebasan adalah ketika kita bebas melakukan apapun yang diinginkan, bebas menyatakan pendapat, bebas memilih sesuatu, bebas berkeyakinan, bebas mengerjakan sesuatu hal yang disukai, bebas dalam segala hal.
Pada tanggal 17 Agustus 2016 lalu, Indonesia baru saja memperingati hari kemerdekaan nya yang ke-71. Peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini dimeriahkan oleh seluruh Warga Negara Indonesia di berbagai penjuru tanah air dengan mengikuti upacara bendera. Upacara bendera dilaksanakan di berbagai tempat dan diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat. Presiden RI dan seluruh jajaran kementrian-nya pun mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Pengibaran ‘Sang Saka’ ini dilaksanakan oleh 67 orang Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) yang anggota-anggotanya berasal dari seluruh penjuru negeri. Para Paskibraka ini berlatih secara rutin agar dapat tampil maksimal pada saat prosesi pengibaran bendera. Mereka rela mengorbankan waktu dan tenaga mereka hanya untuk acara rutin tahunan yang hanya dilaksanakan dalam beberapa jam saja. Mengapa mereka rela melakukan itu semua?
                Merupakan suatu kehormatan untuk dapat bergabung dengan Paskibraka dan mendapatkan peran penting dalam prosesi pengibaran Bendera Pusaka. Juga sebagai bentuk dari penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah rela mengorbankan nyawa mereka demi mendapatkan kemerdekaan bagi Negara Indonesia. Jika dibandingkan dengan para pahlawan, kita bukanlah apa-apa. Jasa kita tidak dapat dibandingkan dengan jasa-jasa mereka yang sangat besar bagi Kemerdekaan Indonesia ini. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk bumi pertiwi kita di era modern seperti saat ini?
                Dewasa ini teknologi semakin merajarela, semuanya menjadi lebih mudah dengan hadirnya teknologi. Dengan adanya teknologi, kita harus pintar-pintar memanfaatkannya untuk membantu pekerjaan kita. Yang dapat kita lakukan di era teknologi sekarang ini adalah dengan mengharumkan nama bangsa Indonesia ini. Itu dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dari berbagai bidang.
Contohnya seperti yang dilakukan oleh Tantowi dan Liliyana beberapa waktu lalu, mereka hobi dengan bulu tangkis dan mereka pandai memanfaatkan teknologi yang ada untuk menonton rekaman permainan pebulu-tangkis terkenal, mempelajari teknik-tekniknya, serta terus berlatih dan berusaha. Alhasil mereka pun berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Rio 2016 (Kompas.com). Dua siswa madrasah asal Indonesia bernama Syahrozad Nalfa dan Avicenna Roghid berhasil mencatatkan namanya dengan tinta emas pada ajang Asian Youth Robotic Olympiade(AYRO) 2016 yang digelar di Singapura (Banjarmasinpost.co.id). Dari segi pendidikan, seorang anak Indonesia yang bernama Wilson Gomarga berhasil membawa pulang medali emas dalam kompetisi International Biology Olympiad (IBO) ke 27 di Hanoi, Vietnam (Inilah.com).
Dan masih banyak lagi contoh-contoh orang Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa dari berbagai bidang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing di jaman serba canggih ini. Jadi, yang dapat kita lakukan adalah memukan apa bakat dan minat kita, belajarlah dan berlatihlah dengan giat, dan jangan pernah menyerah untuk mengikuti ajang-ajang perlombaan mulai dari skala yang kecil terlebih dahulu, baru sampai pada tingkat skala internasional. Harumkanlah bangsa ini dan buatlah bangsa ini bangga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar