Sabtu, 10 September 2016

5 Hal Penting dalam Sebuah Pertunjukkan Teater





          


            Teater adalah drama, kisah hidup dan kehidupan manusia diceritakan di atas pentas dengan media berupa percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis serta ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian. Dalam arti sempit, teater adalah segala tontonan yang dipertontonkan di depan orang banyak. Kita seringkali datang ke sebuah pertunjukkan teater yang indah dan menakjubkan dan tidak dapat terlupakan dengan mudah seperti Kereta Kencana, Keong Mas, Sarimin,dll. Ternyata. dibalik sebuah pertunjukkan yang hebat terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

1.    Sutradara dan Naskah yang Baik
Dalam sebuah pertunjukkan, peran seorang sutradara sangatlah penting. Seorang sutradaralah yang mengatur bagaimana berjalannya sebuah pertunjukkan. Untuk itu, tentukanlah seorang sutradara yang handal. Naskah yang baik juga tidak kalah penting, karena naskah berisikan cerita, ide, dan dialog yang dimainkan dalam sebuah pertunjukkan. Contoh sutradara teater yang terkenal adalah Putu Wijaya, WS Rendra, Sapardi Djoko Damono, dll.

2.    Latihan Rutin
Para pemeran (actor) lah yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah pertunjukkan. Untuk dapat tampil secara maksimal, diperlukan latihan yang rutin agar para pelakon dapat terbiasa dalam melakonkan suatu peran dalam pertunjukkan. Kalau sudah terbiasa dengan perannya, maka pada saat tampil di depan banyak orang, para pemain akan dapat memainkan perannya dengan baik dan lancar. Latihanlah secara rutin seperti 2x seminggu misalnya.

3.    Tata Busana dan Properti Harus Mendukung
Tata busana yang baik juga merupakan unsur yang tak kalah penting. Selain akting yang bagus, seorang aktor juga harus mengenakan busana yang mencerminkan peran yang mereka lakoni. Sebuah pertunjukkan juga harus memiliki properti yang mendukung dalam berbagai situasi agar lakon yang dijalankan dapat terasa lebih lengkap. Diperlukan tim kreatif untuk dapat menyediakan dan membuat properti yang dibutuhkan dalam sebuah pentas. Misalnya jika berperan sebagai seorang putri maka memakai busana berupa gaun dan properti nya istana mewah,dsb.




4.    Lighting dan Music yang Sesuai
Sebuah pentas teater akan terasa lebih lengkap jika didukung oleh pencahayaan (lighting) dan musik yang sesuai dengan kondisi tertentu, tergantung adegan peran mana yang membutuhkannya. Dengan bantuan musik yang sesuai, para penonton dapat ikut terbawa suasana berdasarkan adegan yang sedang ditontonnya. Misalnya jika suasananya menegangkan, putar musik yang agak keras dan terkesan menegangkan dengan lighting yang kedap-kedip.

5.    Tempat yang Luas
Jangan lupa untuk dapat mementaskan sebuah pertunjukkan teater, dibutuhkan tempat yang luas untuk panggungnya, serta untuk tempat duduk para penonton. Semakin luas tempatnya, semakin banyak pula penonton yang dapat ditampung. Semakin banyak penonton yang dapat ditampung, semakin banyak pula penonton yang datang. Semakin banyak penonton yang datang, maka sukses lah sebuah pementasan teaternya karena ramai oleh penonton. Banyak tempat luas yang dijadikan tempat pementasan teater seperti Taman Ismail Marzuki, Gedung Teater Jakarta, dll.

           
            Nah, jika semua unsur diatas sudah dipersiapkan dan dijalankan dengan baik, maka sebuah pertunjukkan teater dapat dikatakan sukses dan dapat membuat para penontonnya terkagum-kagum. Jika sudah begini, para penonton akan terus mengingat pementasannya dan akan datang lagi pada pementasan selanjutnya. Bahkan jika beruntung, mereka akan memperkenalkan dan mengajak keluarga serta kerabat mereka untuk hadir menonton pertunjukkan teater yang disukainya.


Referensi :
http://seputarsenibudaya.blogspot.com/2015/09/hal-hal-penting-yang-perlu-diperhatikan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar